Halaman

Kamis, 02 Agustus 2012

Usaha yang dapat dilakukan untuk memajukan Indonesia

Saya memang 'masih' lulusan sma, bahkan kuliah belum dimulai, tapi boleh dong berpendapat?
menurut saya salah satu cara(menurut pandangan saya) untuk memajukan Indonesia adalah dengan menambah gaji guru.Mengapa? Saya yang baru lulus sma pasti mengerti bagaimana pandangan anak sma tentang dunia perkuliahan. Anak sma cenderung memilih jurusan yang dianggap berprospek masa depan dan bergaji besar(contohnya perminyakan, kedokteran). Siswa-siswa yang secara akademis mampu meraih hasil yang lebih tinggi berusaha untuk masuk dijurusan tersebut.

Menurut saya, jika gaji guru dinaikkan, maka prestise masuk jurusan FKIP akan menanjak, karena banyak orang-orang cerdas pencari uang yang beralih ke jurusan tersebut. Jika orang-orang cerdas masuk ke jurusan keguruan, maka kualitas guru di Indonesia akan membaik. Jika kualitas guru membaik, maka kualitas siswanya pun akan meningkat. Jika kualitas siswa meningkat maka lulusan pun akan semakin membaik kualitas nya, setelah lulus sma pasti mereka akan menyebar ke jurusan-jurusan yang mereka sukai. Dengan begitu, makin banyak mahasiswa Indonesia yang berkualitas. Karena makin banyak mahasiswa yang berkualitas, maka makin banyak inovasi yang dihasilkan oleh putra-putri bangsa ini. Dengan begitu kita dapat mempercepat pembangunan bangsa ini. Guru merupakan bagian yang vital dari kependidikan.

Cara ini relatif mudah, karena tidak perlu mengubah paradigma masyarakat, tetapi masyarakat sendiri yang mengubah paradigma nya. Cara ini sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan para guru. tetapi kelemahan dari alternatif ini adalah cara ini membutuhkan biaya negara yang tidak sedikit untuk membiayai para guru PNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar