Halaman

Jumat, 03 Agustus 2012

Pentingkah Masa Orientasi? Apakah Masa Orientasi itu?

Masa Orientasi adalah kegiatan pengenalan terhadap lingkungan pendidikan yang baru yang memiliki budaya berbeda dengan jenjang sebelumnya. Banyak sekali istilah yang dipakai untuk penyebutan masa orientasi ini, di jenjang sma biasanya kita mengenalnya dengan istilah MOS(masa orientasi siswa), di UNS disebut dengan OSMARU, di ITB disebut dengan OSKM, dan ada yang menyebutnya dengan OSPEK.

Masa orientasi ini penting karena dapat mengenalkan kita dengan lingkungan yang baru, mengenalkan kita juga dengan budaya baru(terutama di jenjang kuliah karena cara belajarnya sangat berbeda dengan di SMA). Masa orientasi juga baik untuk menjadi ajang perkenalan antar teman baru.

Tetapi, terkadang masa orientasi ini sedikit bergeser pengertiannya. Terkadang masa orientasi ini menjadi ajang perploncoan untuk menekan adik kelas, memerlihatkan kesenioran, seperti yang baru saja terjadi di sebuah sma swasta di ibukota, masa orientasi malah menjadi ajang penyiksaan bagi adik kelas.

Kemarin pada saat saya mengikuti OSKM ITB, tidak ada penyelewengan. Tidak ada kasus bullying yang menimpa saya(disini saya mengartikan bahwa bullying berarti kekerasan secara fisik maupun verbal. Verbal yaitu dengan kata-kata makian ataupun kata-kata kasar). Kasus bentak-bentak memang ada, tapi saya memandang hal tersebut sebagai upaya pendisiplinan, dan juga sebagai upaya untuk men-solidkan angkatan fakultas saya. Semua yang dilakukan panitia maupun masa kampus ada artinya, bukan hanya bentak-bentak saja. Keamanan bertindak tegas agar waktu efisien dan mobilisasi lancar.

Saya menyimpulkan bahwa masa orientasi tersebut dapat dimaknai dengan baik oleh pesertanya jika panitia pun melaksanakan dengan baik, dan saya merasakan hal tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar